Thursday 24 March 2011

Sebuah Nama, Sebuah Harapan


Berharap sebuah nama menjadi sebuah do'a yang di dalamnya terkandung harapan membuat saya tenggelam dalam pencarian sebuah nama untuk calon keponakan saya dari kakak yang ke-3 yang akan lahir bulan ini insyaallah. beberapa bulan yang lalu juga saya bergelut dalam sebuah pencarian sebuah nama untuk keponakan saya juga anak saudara (abang) saya yang ke 4, sebenarnya keponakan saya itu sudah dikasih nama oleh abang saya, tapi karena gak ada arti yang jelas dan harapan di dalamnya kecuali hanya mirip2 nama artis maka saya mengusulkan buat mencarikan nama untuk mengganti namanya. alhmadulillah usulan pun di terima. senangnya bisa ngasih nama buat keponakan saya....apalah arti sebuah nama kata sebagian orang, tapi bagi saya sangatlah berarti..nama adalah doa, harapan untuk kedepannya dia seperti apa...


untuk nama keponakan buat anak abang saya , saya kasih nama SYAUQI HIMADA . saya sangat merindukan sosok Muhammad, sebagaimana mungkin saudara-saudara seiman saya yang lain, Juga pastinya sebagaimana kerinduan kedua orang tuanya. dan akhirnya besarnya kerinduan saya tertuang di dalam namanya.

kata SYAUQI yang berarti kerinduanku mungkin sudah menjadi kata yang tak asing di telinga kita, kata Syauqi berasal dari bahasa arab

sedangkan kata HIMADA mungkin masih asing di telinga kita, dan kata itu tidak akan kita temukan di dalam Al-Qur'an sekalipun. kata Himada berasal dari bahasa Ibrani yang berarti terpuji, sedangkan dalam bahasa Yahudi adalah HIMADATH, dan dalam bahasa Arab adalah AHMAD, semua kata tersebut apabila kita hilangkan huruf vokalnya maka semuanya akan meninggalkan konsonan H-M-D.

turunnya nubuat akan hadirnya seorang Nabi yaitu ketika Yahudi berada pada keterpurukan . maka Allah mengutus Haggai, di dalam alkitab Haggai disebut adalah seorang nabi yang di utus untuk bangsa Yahudi yang mengabarkan bahwa akan datangnya seorang HIMADA

" Dan aku akan menggoncangkan semua bangsa, dan HIMADA untuk semua bangsa ini akan datang; dan aku akan mengisi rumah ini dengan kemegahan, kata Tuhan pemilik rumah." Hagai 2:7

namun kita ketahui meskipun Nabi Haggai menyampaikan akan nubuat kedatangan seorang Nabi buat semua bangsa, yang namanya Yahudi mengartikan kata HIMADA ini bukanlah sebuah nama melainkan sebagai kata sifat, sehingga mereka tidak percaya kepada Nabi Muhammad.

besar harapan saya dan kedua orang tua ponakan saya kelak dia menjadi seorang perindu Muhammad dengan kerinduannya ia makin dekat kepada ajaran dan sunnah beliau, berada dibarisan dakwah Beliau, bersama berjuang dalam barisan orang-orang yang memiliki kerinduan yang sama kepada sosok Muhammad SAW. Amin


setelah pencarian saya yang kedua untuk keponakan saya anak kakak saya yang ke -3 akhirnya saya menemukan nama ZAKI ASHIRAZY.
ZAKI yang berarti kecerdasan sangat berharap kelak ia menjadi seorang Muslim yang cerdas. sedangkan untuk ASHIRAZY berasal dari kata Siraaj yang berati Cahaya, berbeda dengan kata Nur yang juga berarti cahaya, Siraaj merupakan cahaya matahari, sedangkan Nur lebih kepada cahaya bulan....

wa ja'alal-qamara fiihinna nuuraw wa ja'ala-asy-syamsa siraaja.
Dan diciptakan rembulan yang mengeluarkan nuur dan diciptakan matahari yang mengeluarkan siraaj. (QS 71:16)

Secara fisika, siraaj adalah sinar matahari yang mengandung gelombang energi panas dengan suhu permukaan pada sumbernya mencapai 5.500 °C dan suhu pada intinya 15 juta °C dan merupakan sumber penerangan dalam tata surya galaksi kita ini, sedang nuur adalah sinar matahari yang dipantulkan oleh rembulan dengan sifat yang lembut karena tidak memiliki gelombang energi panas yang membakar.

sehingga pemakaian kata Siraaj dibanding Nur saya memilih untuk memakai sinar yang lebih kuat, energi yang lebih besar. karena umat ini butuh energi lebih untuk memperbaiki kondisi yang sangat memprihatinkan sekarang ini, ditengah kondisi umat yang semakin parah, kegelapan yang semakin menyelimuti, berharap akan hadirnya Cahaya yang mampu menerangi umat ini...

ZAKI SHIRAZY, semoga proses kelahiranmu dipermudah olehNYA , jadilah kelak seorang dengan kecerdasan yang dikaruniai untuk menerangi kembali ummat ini...bersama saudara-saudara Muslimmu yang lain sebagaimana mereka merindukan sosok Muhammad..ambillah peranmu dalam barisan dakwah ini.


kapan ya kesempatan buat ngasih nama anak sendiri...he he he ^_^

1 comment:

  1. ralat dikit bang untuk transliterasinya... hehehe
    kalo pake zaki artinya jadi berubah bang.. jadi bersih bukan cerdas.. kalo cerdas kan pake dza... satu lagi yang shirazy.... kalo mau pake kata siraj yang berarti sinar.. sebaiknya pake bantuk transliterasinya siraaj.. kalo shiraazy jadi lain nti artinya.. hehehe

    ReplyDelete