Tuesday 22 February 2011

Sebut Saja Namanya JOKO


Saya masih menengadahkan tangan berharap permintaan saya di ijabah olehNya, jamaah solat dzuhur disebelah saya juga masih khusuk meminta kepada Rabbnya, yang lainnya sibuk berdzikir, beberpa jamaah ada yang langsung melaksanakan sholat Sunnah, dipinggir ada beberapa jamaah yang masih melanjutkan solat dzuhurnya karena terlambat beberapa rakaat. Sejuknya tempat ini semakin membuat khusuk untuk meminta sesuatu, berbeda dengan kondisi di luar sana yang terpanggang teriknya Cahaya matahari siang ini membakar Kota Padang. Apakah mereka yang diluar sana tidak tau betapa sejuknya disini , berbincang sejenak denganNYA meninggalkan masalah duniawi, sehingga jamaah Dzuhur ini banyaknya tidak lebih dari satu Saff saja.
Saya terus melanjutkan bincang-bincang saya denganNYA, berharap IA mendengar keluh kesah ini…..
“ gedubraaakkkkk,……”.
Tiba –tiba ada terdengar seperti suara terjatuh dari sudut sana, dikepala saya langsung terpikir itu suara orang jatuh. Saya cukupkan do’a saya siang ini, kemudian menoleh..iya memang benar, tubuh lelaki muda telentang di lantai, ia terjatuh saat sholat….awalnya saya berpikir dia seorang pengidap Epilepsi, ah....., tak mungkin pikirku, dia tak menunjukkan tanda-tanda seorang penderita epilepsy, tak ada kejang, tak ada mulut berbuih..saya putuskan untuk menghampirinya segera, takut nanti terjadi apa-apa. Saya raba nadinya. Alhamdulillah masih idup….saya coba panggil beberapa kali ia tak menyahut. Tiba-tiba Benny datang membantu. Jamaah yang lain masih sibuk dengan ibadahnya. Saya suruh benny buat mencari minum, tampak ia kebingungan. Terakhirnya saya ketahui jawaban dari kebingungannya karena Benny gak bawa duit. Ah..kenapa tadi gak ngomong. Beberapa menit kemudian jamaah berdatangan satu persatu berkerumun, sebagian bingung, sebagian sibuk mengintrogasi pemuda yang masih terbata-bata untuk berbicara. Ah..kenapa bapak-bapak ini tidak terlebih dahulu membantu dari pada sibuk bertanya ini itu. Sesaat kemudian Benny datang membawa air minum. Pemuda itu kami dudukkan dan kami berikan minuman untuk diteguknya, setelah beberapa teguk ia bisa bergeser ke dinding mesjid untuk bersandar berusaha untuk membantu menopang tubuhnya yang masih lemah.
Saya terus memberinya minum, setelah kemudian sudah agak segar saya mulai mengajaknya berbicara. Ternyata pemuda ini sudah tidak makan sejak kemarin, kira-kira ia berumur sekitar 25 tahun, ia seorang buruh tukang las di salah satu proyek di Solok, bersuku Jawa, beberapa minggu yang lalu ia mengalami kecelakaan kerja, tangan kanannya tidak bisa digerakkan dan saat saya periksa ia meringis kesakitan, kemungkinan mengalami dislokasi, beberapa jejas di dada dan perutnya. Ia ke Padang mencari mandornya yang melarikan diri dan tidak memberi gaji karyawan beberapa bulan. Alhasil , mandornya tidak ketemu dan ia pun kehabisan duit, dan sekarang ia berencana ke Pekanbaru.
Tanpa intruksi Beberapa jamaah mengumpulkan duit dan kemudian Benny pergi membelikan Nasi. Widodo juga menyelipkan lembaran duit ke tangan pemuda itu, ntah berapa jumlahnya. Saya hanya berpikir sesaat, betapa indahnya ukhuwah jamaah ini, satu sama lain kami bahkan tak mengenal, hanya ikatan iman yang mempersatukan kami di Mesjid ini. Bahkan terakhir setelah beranjak pergi dari mesjid Hidayah PJKA, di atas motor Benny bertanya..
“ bang, siapa namanya..”
“ntah…”
“ kita kasih nama Joko aja bang…diakan orang jawa..”
“he he he..boleh….boleh…”
Ternyata nama pemuda itupun tak sempat kami tanyakan…..

8 comments:

  1. Kalau benar namanya Joko, berarti dia teman dodo waktu SMA bang. Tapi wajahnya kok gak mirip ya?

    ReplyDelete
  2. meski namanya Joko, belum tentu juga kawan dodo wak tu SMA..nama Joko itukan memang pasaran...sama kayak nama dodo...ibarat penjual jengkol di pasar raya..he he he

    ReplyDelete
  3. Dodo: kyk tmn Dodo aja yg punya nama joko

    Bg Muk: trnyata itu yg mmbuat Abg k Padang..ada juga gunanya Abg.

    titip psn utk Benny Bg,, kalau kama2 tu bw pitih..tapijak kue anak urang bagai d jalan, manangih nyo, jo apo ka diganti..

    ReplyDelete
  4. beko bang kecean k Benny..
    tapi, kok kayak kurang kerjaan kali ya si Benny mijak kue anak urang...ckckckkc...benny..benny

    ReplyDelete
  5. Maaf bang, nama widodo gak ada yang jualan jengkol. Widodo nama orang besar bang, nama orang sukses.

    ReplyDelete
  6. Jengkol...
    menarik, bisa jadi ide tulisan!

    ReplyDelete
  7. abang tunggu tulisannya am...dodo jalan jengkol ^_^

    ReplyDelete