Wednesday, 29 May 2013

Film Fetih 1453 " Penaklukan Konstantinopel"


Alhamdulillah setelah sekian lama menunggu dan mencari film Fetih 1453 karya sutradara Turki akhirnya saya bisa download juga waktu pulang ke Padang kemarin. Film ini bercerita seputar penaklukan Konstantinopel oleh tentara Turki Utsmani dibawah komando langsung oleh Sultan Mehmed II. Film yang disutradarai oleh Faruk Aksoy ini sebenarnya sudah dirilis pada tangal 16 Februari 2012 di berbagai belahan dunia, sayangnya di Indonesia ntah alasan apa film ini tidak ada di putar.
Berdasarkan hadist Rasulullah  pada abad ke 7 yang diriwayatkan oleh Ahmad bin Hambal “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”
Beranjak dari hadist inilah semangat Turki Utsmani untuk menaklukkan Kontastinopel, selanjunya baca sejarahnya aja ya…he he he
Sebagai penikmat sejarah sekaligus penikmat film, saya pribadi menilai film ini layak untuk di tonton meski ada beberapa hal yang ditampilkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tetapi minimal sudah ada film sebaik ini yang diproduksi oleh orang Islam. Saran saya memang kita harus terlebih dahulu membaca sejarah bagaimana penaklukan konstantinopel atau minimal kita menontonnya dengan di dampingi oleh orang yang mengerti sejarahnya agar kita tidak menelan mentah-mentah apa yang disajikan.
Komentar sebagian orang sangat menyayangkan film ini karena tidak Islami. Ya memang menurut saya film ini bukan film Islami seperti Ayat-ayat cinta. Sutradara film juga pasti mempertimbangkan ketika sesuatu hal akan diangkatkan menjadi sebuah cerita di layar lebar, bukan kita saja penikmat film Islami yang harus dipuaskannya. Ya menurut saya tinggal kita saja harus lebih cerdas memilah mana yang sesuai sejarah mana yang tidak.
Saya masih berharap film ini ditayangkan di bioskop2 di Indonesia, minimal dengan ini pemuda Islam tidak buta dengan sejarah, masa kita disuguhi terus dengan film2 tidak berkualitas.

Abu Qubail menuturkan dari Abdullah bin Amr bin Ash, “Suatu ketika kami sedang menulis di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba beliau ditanya, `Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Romawi?´ Beliau menjawab, `Kota Heraklius-lah yang akan terkalahkan lebih dulu.’ Maksudnya adalah Konstantinopel.” (HR. Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim)
sebelumnya install program Torrent dulu. Saya kalau mencari film lebih suka di Torrent


No comments :

Post a Comment