Sunday 26 May 2013

Pengobatan Gratis di Tulima-Jayawijaya

Jayawijaya 26/5/13, hujan baru saja mengguyur Jayawijaya, relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) akhirnya berangkat menuju lokasi bakti sosial. kali ini BSMI mengadakan pengobatan gratis di salah satu perkampungan Muslim di Kampung Tulima Kabupaten Jayawijaya-Papua.
Kegiatan ini langsung di ketuai oleh koordinator bidang pelayanan kesehatan BSMI Wamena dr.Elfitry Tia Yenti, dan dibantu relawan medis dr.Putra dan dr.Mukri serta juga 2 orang relawan Non Medis. acara awalnya kita rencanakan akan di mulai jam 7 WIT tapi berhubung Hujan, acara kita undur sampai hujan berhenti sekitar pukul 9 WIT. Tim berjalan dari pesantren Walesi menuju kampung Tulima, perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 jam.
Tidak seperti biasanya ketika mengadakan baksos kita kumpulkan masyarakat di suatu tempat semisal gedung sekolah atau gedung keluarahan,untuk baksos kali ini relawan langsung menemui penduduk ke Honai masing-masing. relawan langsung menanyakan apa yang di keluhkan masyarakat, apakah ada yang sakit dan disitu kita langsung periksa kesehatan dan pengobatan.
ketika mendapati ada pasien yang sakit tapi tidak dibawa berobat ke tempat pelayanan kesehatan, alasan mereka adalah tempat layanan jauh, sehingga kita menemui ada yang sudah memiliki luka yang infeksi dan sangat bau karena tidak di bawa berobat, ada yang menderita luka bakar sudah hampir seminggu tapi hanya diolesi ramuan-ramuan tradisional. ada juga orang-orang tua yang memang tidak memungkinkan untuk berobat ke tempat pelayana kesehatan. tidak hanya warga Muslim yang kita layani, tapi semua warga yang memang butuh layanan kesehatan kita akan datangi Honainya.
Tulima sendiri memiliki penduduk sekitar 200 jiwa, dari Wamena bisa kita tempuh sekitar setengah jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. kebanyakan mereka masih tinggal di dalam Honai-honai dan jarak antara 1 Honai dengan yang lain berjauhan sehingga relawan harus memiliki energi yang besar untuk berjalan kaki.
Warga sangat senang sekali ketika tim dari BSMI datang langsung ke Honai-honai penduduk, bahkan ucapan terimakasih sangat sering sekali terlontar kepada relawan yang datang. Warga berharap agar ke depan BSMI terus bisa memberikan pelayanan kesehatan seperti ini.
Salam Kemanusian, tetaplah berkebaikan kapan dan dimanapun kita berada

No comments:

Post a Comment