Wednesday 1 September 2010

?????????


“ boleh gak bang saya minum, gak marahkan???....”
“ udah minum aja….” Ngapain juga saya marah bikin capek aja pikirku.
Seorang anak muda umur tujuh belasan tahun yang sering main ke tempat saya dengan sebotol minuman keras bermerk topi miring di tangannya,….nih anak diceramahi juga gak bakalan langsung bisa nerima, palingan mulut saya ntar berbusa-busa dia bakal semakin enak menenggak minumannya. ( awas aja ntar klu lu mabok di sini gw rendam masukin ke tong yang di kamar mandi)…ntah dia bisa baca pikiranku gak tau juga….” Saya gak bakalan mabok kok bang klu Cuma sebotol”…ah terserah kau ajalah pikirku.
Besoknya pagi-pagi dia datang lagi ke rumah sambil ngeluh klu perutnya sakit.
“ mau minum lagi gak? Abg punya minuman yang akoholnya 70%, dijamin langsung mabok”
“iya ya bang…mau dunk bang”….ya Allah bodohnya ne makhluk hidup, kuman aja pada mati klu dikasih minum itu. Tapi saya yakin gak sia-sia makhluk ini diciptakan minimallah buat ngelatih kesabaranku. Seperti itulah seterusnya malam dia minum paginya dia ngeluh perutnya sakitlah, nggak bisa tidurlah. Saya cuek aja setiap kali dia ngeluh.
Hingga suatu hari dia nanya…” bang, gmn caranya biar bisa berhenti minum?”.
“ntahlah….”
“bener bang, saya mau berhenti minum”
“ halah ntar paling-paling tobat sbentar trus minum lagi “
“abang gak percaya bang?.....”
“ bener mau berhenti?....”
“iya bang…meski sedikit demi sedikit bang….”
Akhirnya kena juga jebakanku,nyerah sendiri kan?udahlah so pasti dapat ceramah satu jaman…puaslah. Meski bisa jadi dia nggak bakalan berobah dengan ceramahku, minimallah dia tobat buat mendengar ceramahku lagi….
Terkadang kita harus punya trik sendiri membuat orang bisa mendengarkan kata-kata kita, tanpa kita paksa malah dia minta sendiri. Apalagi klu pake adegan marah-marah trus ngusir dia gara-gara kelakuannya yang gak bener…..hebat bangat dah kita menghakimi orang lain seakan menganggap diri kita yang paling suci. Seandainya di hari pertama saya marah trus nyuruh dia berhenti minum pasti nggak bakal dia dengerin, mungkin malah dia benci trus sakit ati liat saya yang sok bijak ngasih ceramah orang mabok…..saya nggak yakin dia berubah dengan Cuma sekali itu saja, trus itu juga kan bukan urusan saya mau berobah dia atau tidak karena itu bukan kuasa saya untuk membolak-baikkan hatinya, tapi minimallah dia membuka hatinya untuk sedikit mendengarkan kata-kata saya……itu sudah cukup buat awal sebuah cerita.


Pulau Muda, January 2010

2 comments:

  1. maaf pa dokter, saya baru ngebales kunjungannya. Baru ngeblog lagi nih hehe ... Maklum susah nyuri waktu.

    Setuju, yang penting orang mau buka hatinya dulu, baru kita bisa masuk. Btw, fotonya sedih amat ...hiks

    ReplyDelete
  2. makasih kunjungnnya mba'....waktunya jangan di curi mba'.....he he he...

    ReplyDelete