Monday 11 October 2010

Butuh Tekad Besar Untuk Berubah...


“punya tekad besar untuk sebuah perubahan, butuh pengorbanan dan motivasi dari diri sendiri”
Pasien laki-laki berusia sekitar 60 tahun datang dengan keluhan batuk, sesak nafas. Ntah yang sudah ke berapa kalinya pasien ini datang berobat. Sebanyak itu ia datang berobat sesering itu jugalah saya memberikan nasehat buatnya untuk berhenti merokok, namun memang sulit merubah kebiasaan buruk seseorang jika dari diri sendiri tak ada kemauan untuk berubah. Semua sudah saya jelaskan tentang bahaya merokok dan pengaruhnya terhadap sakitnya yang sekarang. Seperti pagi ini, lagi-lagi saya menanyakan apakah beliau sudah berhenti merokok,..dengan cepat beliau jawab sudah. Padahal dikantong bajunya ada sebungkus rokok.
“ itu rokok sapa yang dikantong pak?”
“ini rokok anak saya pak” jawabnya
Masih aja bapak ini mencoba untuk tidak jujur, padahal ini juga untuk kebaikan beliau. Kembali saya menasehatinya agar berhenti merokok. Tidak yakin sebenarnya beliau berubah kalau kemauan dari diri sendiri saja tidak ada. Tapi kita hanya berusaha untuk mengingatkan.

No comments:

Post a Comment