Tuesday 30 November 2010

Sekilas di Puskesmas Parit Rantang....


Berakhir sudah tugas saya di Puskesmas Parit Rantang, tak terasa 4 bulan itu cukup cepat berlalu. Hari-hari yang tidak akan bisa saya lupakan, berinteraksi dengan orang-orang yang luar biasa, staff yang ramah . 4 bulan sebenarnya adalah waktu yang sangat singkat untuk mengenal mereka lebih dekat, namun jujur saya salut luar biasa buat mereka.
Anda mungkin tak mengenal Puskesmas Parit Rantang, dimana tempatnya, bagaimana..sedikit saya akan memperkenalkan Puskesmas yang tak terkenal ini. Sebesar apapun usaha anda mencari di dalam peta, insyaallah gak bakal ketemu tempatnya dimana (memang gak ada..he hehe). Secara fisik jujur Puskesmas Parit rantang ini kalah jauh dengan beberapa Puskesmas lainnya di Payakumbuh, dah gedung bangunannya tua, sempit, di tengah sawah lagi…(smg jadi perhatian pemerintah), eiiits..tapi jangan salah dulu klu dari segi prestasi Puskesmas ini kagak kalah saing sama beberapa Puskesmas lain yang gedung fisiknya bagus…contohnya aja terakhir dapat kabar klo program Gizi dapat juara 1…mantapkan??? ( kita2 aja tinggal nunggu undangan makan2nya dari ni Merry), pernah juara satu senam…dan sederet prestasi lainnya…memang benar kita tak boleh menilai sesuatu itu hanya dari segi yang tampak luar aja. Wilayah kerja puskesmas ini mencakup 7 kelurahan. Kebayang juga klo kami dah gak ada di puskesmas atau sebelum kami datang, dokter Cuma 2 orang. Dr. ade sebagai kepala puskesmas dan dr.meldona sebagai fungsional…trus klo dr.ade sibuk ke sana kemari agenda rapat , tinggallah dr. meladona untuk di BP sama KIA, pasien banyaknya minta ampun…trus kasusnya gak menarik, tambah lagi pasien yang betingkah, minta rujukan pake maksa….hohohoho gak kebayang repotnya, belum lagi program puskesmas di luar seperti posyandu dan program yang lain…oh no….terkadang kita berpikir mereka nyantai aja kerjanya di puskesmas …ternyata???...ampun semoga saya kagak jadi Kapus nantinya…
Selama 4 bulan, saya pernah ngasih penyuluhan lansia beberapa kali…yang namanya dokter masih muda, ganteng, trus masih single..ya wajar aja jadi Fansnya ibu-ibu (wkwkwk..narsis mode on)…tiap kali penyuluhan pasti pertanyaan banyak, kadang yang gak penting pun ditanya, yang udah ditanya juga ditanya lagi….pernah ikut MMD alias muasyawarah desa ternyata begini rasanya jadi klo jadi kapus, rapat dengan orang2 kelurahan dan nenek-nenek lansia . juga pemeriksaan kesehatan di sekolah2, penyuluhan kesehatan di sekolah….Monev TB trus pulangnya dapat duit….( ni ade 10%nya kapan2 aja ya…he he he)…satu lagi hampir tiap hari sarapan di kantin ( gak penting) tapi penting buat kesehatan saya….he he he
Klo lagi gak ada kerjaan menggosip adalah pilihan yang tepat, pernah kami mengosipkan dr. Ade kepala puskesmas kami (moga aja beliau gak baca…).
Saya:“Ni mel….pantas aja dr. ade kecil ya?”
Dr.meldona : “ iya..emang kenapa?”
Saya : “saya aja dari tadi capek liatnya mondar mandir mulu”
Dr. meldona: “ dia mah emang gak bisa diam….makanya gizinya agak kurang”….
Ha ha ha ha….salahin dokter Mel..ni Ade…..
Trus pernah saya diminta ngasih ceramah agama hari jum’at pagi, klo yang ini gara-gara ketularan gaya ustadnya dokter muhammadi ni..sama saya juga akhirnya kena buat ngasih ceramah….jujur saya bukan ustad, ilmu agama masih sedikit..ya sudahlah kebayang gimana jadinyakan???tapi, alhamdulilah saya Cuma dapat kesempatan sekali itu aja gara2 puskesmas sibuk….selamaaaaaat
Yang paling saya sukai acara makan-makan yang sering diadain puskesmas…terakhir tadi makan duren satu truck…pake nasi ketan….wuihh enaknyaaaa…..liat adegan rebutannya, belum selasai dibuka dah pada ambil ancang2, pas durennya kebuka, langsung ludes…yang tukang buka gak dapat dapat….terasa sekali gak ada celah antara petinggi dan bawahan di puskesmas ini, tak ada istilah itu yang ada semuanya tiem yang solid.
Satu lagi yang saya perhatikan …klo pagi2 biasanya ni ade suka merepet sama staff, tapi memang kayaknya seperti itu diperlukan …biasanya sebentar ini beliau marah-marah, ntar lagi dah lupa beliau…baik lagi biasanya, padahal belum tau yang direpetin sudah baikan…( bisalah belajar gaya cueknya….ha ha ha)….
Kayaknya bakal lama klo diceritain semua..capek..lagian mata dah ngantuk…., terkhusus buat Bundo yang sudah kami anggap orang tua kami sendiri semoga cepat selesai urusan pensiunnya dan bisa tenang buat ibadah di rumah,trus klo ada kesempatan semoga secepatnya bisa ke tanah suci buat haji, trus kami minta maaf yang sudah menggusur Bundo dari BP, klo bundo mau ke situ lagi silahkan, he he he ^_^, ….
Buat dokter Ade dan uni-uni semuanya…terimakasih banyak atas pengalaman dan semua yang telah kami dapatkan, bersyukur sekali bisa mengenal dan berinteraksi dengan uni-uni semua…..
Bye bye Puskesmas Parit Rantang, suatu hari nanti insyaallah kami kembali ( apalagi ada undangan makan –makannya he he ehe )

No comments:

Post a Comment