Thursday 17 November 2011

Cerita IGD Pagi ini


Pagi ini mendung masih menggelayut di petala langit, tanah di depan IGD masih basah oleh kucuran hujan lebat tadi malam. Kamar Dokter Jaga yang bocor (malangnya) masih belom dipel. sarapan pagi yang tak seperti biasanya kini telat diantar, gak pa palah cadangan lemak tubuh masih banyak. Visite pagi ini sudah selesai, tinggal menunggu visite dokter spesialis. kembali saya masuk ke kamar dokter jaga. waktu kosong seperti ini biasanya saya gunakan celingak-celinguk sebentar ke wall Fb saya berharap ada cerita baru atau juga gosip baru (xixixixi...), ada info baru, atau ada status kawan-kawan yang bisa menyemangati. Tak ada yg menarik keculai beberapa status tentang kekalahan Indonesia terhadap Malaysia tadi malam. semoga saja tidak terjadi penafsiran Nasionalisme yang salah dari pemuda bangsa ini menyikapi kekalahan 1;0 tadi malam. Saya menyempatkan untuk 2 rakaat dhuha, kemudian melanjutkan tilawah surah alkahfi yang masih tinggal separuh lagi tadi subuh. kan klo gak salah ada keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at. tapi sudah lupa apa keutamaannya ( maklumlah dah tua....).

beberapa menit setelah menyudahi tilawah, telephon di kamar dokter jaga berdering. seperti biasa pasien baru, klo nggak kemungkinan ada dokter spesialis yang datang, atau ada keluarga pasien yang ingin bertemu. kali ini pasien baru menunggu di IGD

Laki-laki dengan usia sekitar 25 tahun mengeluhkan demam semenjak dua hari yang lalu, muntah-muntah, tidak mau makan, persendian sakit, kadang demam menggigil,mencret sudah 6 kali sejak pagi ,suhunya 38. seorang laki2 sebaya dengan pasien disebelahnya menungguinya saat saya memeriksa, mungkin keluarganya atau rekan kerjanya. ntahlah saya juga tak sempat bertanya. setelah saya periksa, saya tawarkan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium kalau keluarga mau...
" mahal gak pak?" kata pasien
"saya juga kurang tau, sebentar biar kami telepon dulu ke labor." jawabku
setelah dapat informasi dari labor biaya untuk periksa darah rutin sekitar 150rb, ntah kemahalan atau gak saya juga kurang tau.
" saya cuma punya duit 150rb pak" kata pasien
"klo gitu gak papa, bapak saya kasih obat dulu, cuma saya curiganya bapak demam berdarah. klo DBD baiknya bapak kita rawat ". kemudian saya menuliskan beberapa obat di kertas resep
tiba-tiba laki-laki yang mengawaninya berceloteh
" suntik aja kenapa? sudah jelas kalau menggigil itu malaraia, kalau rontok rambutnya itu tifus.."
"bukan begitu pak, bagusnya diperiksa labor dulu buat mastikannya. klo keluarga gak bersedia diperiksa labornya juga gak papa.."
" sudahlah...kita berobat kebidan aja...."
saya langsung berhenti menuliskan resep, bengong melihat bapak itu yang langsung marah-marah. tak ada basa-basi pergi dengan wajah tidak mengenakkan. andaikan bapak itu bercermin saat marah pasti dia ....xixixixixixixi...

memang profesi ini menuntut banyak kesabaran, bahkan sudah ditolong sekalipun masih juga dimarah-marahi keluarga pasien.

dan isi khotbah Jum'at kali ini berbicara tentang sabar, menarik sekali. saya percaya ini bukan sebuah kebetulan, ini memang sebuah rencanaNYA mengajari saya tentang apa sabar.


4 comments:

  1. sabar bang,pagi2 jgn kebawa emosi,hehe

    ReplyDelete
  2. Hahaha....emang begitu psikologis masyarakat yang tebentuk akibat penggunaan obat2 injeksi sembarangan. Biasanya mereka terbiasa diberi obat injeksi oleh tenaga2 medis bahkan non medis di daerah.

    Saya juga punya pengalaman yang mungkin luar biasa lucu....

    Hari sabtu ditahun 2003, tanggal dan bulan antah berantah, hari itu hari pasar, disebuah klinik 24 jam dimana saya praktek saat itu....

    Seorang Bapak (SB) : pak dokter, ibuk tolong diperiksa ya, sdh seminggu ini sakit-sakitan...
    Dokter : ya pak, duduk dulu ya, saya selesaikan satu-satu (kebetulan ngantri...cieee, hari pasar siih)
    SB : ya, saya titip ibuk, saya kepasar dulu belanja....
    (lalu si bapak kluar pergi....)
    (sampai gilirannya si ibuk saya periksa dan diberi obat oleh ptgs farmasi klinik itu)
    (tak lama si bapak balik....)

    SB : gimana pak dokter, sudah diobati ibuk blom?
    Dokter : sudah pak, sudah saya priksa dan saya kasih obat, tadi juga sudah dijelaskan aturan makan obatnya....
    SB : baik kalo begitu trimakasih banyak pak dokter, kami pulang dulu....
    Doketr : ya pak, smoga cepat sembuh...

    (tak lama meraka balik lagi....)

    SB : pak dokter, knapa ibuk ndak disuntik, jauh- jauh kemari ndak disuntik, kalo pel ini bisa saya beli diwarung, bukan obat ini...saya mintak ibuk disuntik!
    Dokter : ?????
    (Berusaha menjelaskan.....tapi si bapak tetap ngotot, pokoknya harus disuntik, titik)
    Mengingat panjangnya percakapan itu dan sibapak tetap ngotot ndak mau mengalah, biasa, saya akhirnya mengalah....oke bapak saya suntik ya...
    Setalah itu....

    SB : yaaa, begitu pak dokter, pokoknya kalo ibuk nanti berobat kemari, suntik ya, dua lobang....dua lobang...

    Dokte : ?????....yaa bapak
    Lalu si bapak pergi...dan kami pun semua tertawa mengingat kejadian yang barusaja tejadi.....
    Hahahahahahaha......

    ReplyDelete
  3. dua lobang...dua lobang....xixixixi ^_^

    ReplyDelete