Friday 9 April 2010

sejenak ke masa2 eSeMPeku


Kembali ke masa masa beberapa tahun yang lalu tak butuh mesin waktunya doraemon, cukup memutar sedikit file di dalam memori. Kadang hasilnya masih bagus, kadang beberapa file sudah agak susah untuk dibuka dan tak sedikit yang sudah hilang mungkin digerogoti virus dan yang jelasnya waktu lebih banyak berperan seiring bertambah usia, makin banyak yang dijejali sehingga tak bisa dihindarkan beberapa file memory harus tumpang tindih. Ingatan yang begitu berkesan kebanyakan masih bagus, yang biasa-biasa aja seringkali lupa, bahkan yang buruk yang sengaja didelete setengah mati untuk melupakannya namun tak bisa malah jadi tambah ingat lagi….seperti kata guru bahasa inggrisku saat smp dengan gayanya yang begitu lucu….” Maaf ya buat orang-orang yang biasa-biasa aja di kelas ini, saya nggak bisa hafal nama kalian…kalau mau saya kenal jadilah yang paling pintar atau yang paling bodoh di kelas ini, atau jadi yang paling baik atau jadilah yang paling bandel……” he he he……
Memang jadi juara kelas apalagi juara umum sangat banyak untungnya, guru jadi sayang, kawan banyak bahkan tak tanggung-tanggung semua keperluan buat belajar disediakan sang kepala sekolah, buku yang orang pada beli tau tau kepsek dah belikan duluan, sesekali dapat tumpangan ke sekolah….lumayan menghemat ongkos, klu waktu istirahat banyak yang dengan berbaik hati untuk mentraktir….penghematan lagi…..tapi, jangan salah dulu, ternyata tak semuanya yang datang menyenangkan. Ntah kenapa anak-anak cewek yang seharusnya lebih pemalu dari saya banyak yang jadi kegenitan . kelas 1 smp belumlah masa puberitas saya, jiwa bermain-main dengan teman seumuran masih melekat, teman cewek hanyalah sekedar teman biasa untuk bermain dan bercanda, tak lebih……
Siang itu,tak ada tanda-tanda klu hari ini akan hujan, langit biru menghiasi langit bumi kelahiranku, terik mentari tak begitu terasa karena masih banyak pohon yang menyerap kelebihan CO2 di udara, sangat menyejukkan. Begitu juga di bawah pohon di salah satu sudut sekolah ini, bersama beberapa kawan kelas ku kami bersantai di bawahnya, tak ada pembicaraan yang aneh. Pembicaraan kami hanya berkutat film kartun kemarin minggu yang begitu asyik untuk diulang lagi. Saat asyik-asyiknya , tiba-tiba saudara sepupuku yang kebetulan sudah kelas tiga datang dengan sebuah kertas di tangannya. Tak ada pirasat buruk…namun, saya sesak tiba-tiba ternyata yang dibawanya adalah sepucuk surat cinta dari teman kelasnya……gubrakkkkkkk……gilaaa! Mimpi apaan semalam y…..hoo hoo saya keringat dingin membukanya….ah..kagak ngertos saya, surat cinta???.....ku pandangi ujung sepatu saya, tak nyadarkah dia kalau sudah merusak suasana hatiku, merusak masa bermainku….gilaaaaaaaaa…….
“nggak mau…saya nggak mau pacaran!!! Titik”
Ngidap penyakit apaan she makhluk gila tuh, setan mana yang sudah tega merasukinya siang-siang gini…malang benar dirinya dan malang benar juga setannya…..he he he…pokoknya saya gak mau…
Habis kejadian mengerikan itu, klu berpapasan di jalan sama makhluk gila itu, rasanya pengen cari alternative jalan lain, untung saja dia seniorku klu nggak dah terjadi hal-hal yang saya inginkan…..he he
Masih saat saat smp, celana pendek di atas lutut ini belum berganti dengan celana panjang abu-abu,belum tau lututku ini sebenanya adalah aurat, karena di smpku tak ada rohis, hanya saja saat itu dah kelas dua, saya pun terpilih menjadi ketua osis smp 1 batang natal, mulai saya aktif berorganisasi di osis, saya juga masuk pramuka juga terpilih menjadi ketua pinru…masa-masa yang semakin menyenangkan, banyak kawan. Namun, akademikku tak sedikitpun berpengaruh dengan kesibukan ku, juara umum masih di tangan (he..he ^_^)……PRku masih bisa kuselesaikan di rumah sehingga setiap pagi bak seorang kaisar kita di tunggu teman-teman sekelas yang antrian mau nyontek PR, karena saya orangnya baik ati ( he he he ) buku sayapun jadilah barang giliran di kelas, semua jadi pada rajin nyontek, wal hasil klu diperiksa jawabannya semua seringkali sama. Kadang buku saya juga dipinjam buat dibawa pulang sama kawan-kawan, saya kasih aja……namun, lagi-lagi saat naas terjadi bagian paling tengah buku PRku sudah ditulisi oleh seseorang dengan kata-kata aneh yang sulit ku pahami…….waaaaaaaa………ternyata ada satu lagi makhluk gila di kelasku……oh Tuhan lindungi aku…..
Ku robek bagian tengah bukuku, ku datangi tempat duduknya….
“ kawan, tulisanmu tertinggal di bukuku…nih….”
Haaa ha haaa……besoknya dia datang minta maaf……
Membuka kembali memory ini hanya sekedar untuk mengingat kembali masa-masa kecilku, masa-masa saya begitu polos. Bukan untuk mengingatkan tindakan-tindakan bodoh dari kawan-kawanku yang begitu iseng, tapi hanya sekedar untuk merangkai kembali ternyata masa-masa itu benar-benar pernah terjadi, klu diingat saat ini, sungguh begitu lucu, tindakan bodoh yang kenak-kanakan ( he he,,emangnya udah tuing?…) .
Kawan-kawan smpku ….salam rindu buat semua….

No comments:

Post a Comment