Thursday 5 August 2010

baksos si7

Sore ini, setelah dapat izin dari kepala Dinkes kota . saya ikut pengobatan gratis yang diadakan Bulan Sabit Merah Indonesia cabang Padang kerjasama dengan mahasiswa KKN Unand . tujuan kali ini di kecamatan Situjuh Kabupaten 50 kota. Menjadi relawan BSMI sejak 2005 memiliki kepuasan batin tersendiri, meski dari segi materi kita sama sekali tidak digaji. Kepuasan melayani masyarakat dengan segala keluhannya meski pun tidak semuanya bisa kita tindak lanjuti, tapi meski sekedar menjadi pendengar yang baik dan memberi sedikit solusi mereka akan tersenyum puas. Melayani mereka dengan keramahan, sedikit banyaknya mengurangi beban mereka. Obat yang kita berikan hanya sekian persen mengurangi rasa sakit. Sebagai dokter kita seharusnya dituntut untuk menjadi pendengar yang baik, bukan manusia berjas putih yang bersikap arogan dan angkuh dengan gelarnya. Bukan dokter yang hanya sekedar meresep obat dengan tulisan yang malaikat pun tak mampu membacanya.
Setelah sekian pasien yang kami layani, datang Pasien perempuan umur 55 tahun dengan keluhan perut membuncit sudah tiga bulan, setelah dilakukan pemeriksaan kemungkinan sirosis hepatis. Tubuhnya lemah, nafsu makan berkurang karena merasa sesak kalau makan. Sama sekali belum dapat pengobatan karena alasan biaya, tak ada jamkesmas padahal beliau dari keluarga tidak mampu. Saya menyarankan untuk dibawa kerumah sakit umum, perlahan beliau menggeleng
“ saya tidak punya duit pak”. Jawabnya sambil menunduk
“ jamkesmas ibu ada?”
“ gak ada pak, sudah diurus tapi dah lama gak keluar”.
Saya jelaskan penyakitnya dan kemungkinan yang bisa terjadi. Belaiu hanya mendengarkan dengan baik, dan sesekali bertanya mengenai penyakitnya.
Ironis memang negeri ini, banyak masyarakat yang seharusnya berhak memeliki jaminan kesehatan dari Negara ternyata mereka tidak mendapatkan, namun orang yang belum layak mendapatkan jamkesmas ternyata mereka mendapatkannya karena ada hubungan kekeluargaan dengan pegawai pemerintah. Masih banyak PR pemerintah untuk bangsa ini yang harus diselesaikan. Butuh orang-orang yang ikhlas dan punya cita-cita mulia lebih banyak lagi duduk di pemerintahan. Semoga harapan itu masih ada!

No comments:

Post a Comment