Saturday 7 August 2010

PUASA DARI SISI KESEHATAN


Tak terasa Ramadhan datang lagi, seperti kemarin ia pergi sekarang hanya tinggal hitungan hari. Indahnya Ramadhan saat kita mengisinya dengan kebaikan dan khusyuknya ibadah kepadaNya. Rasakan Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir untukmu, rasakan inilah saat-saat terakhirmu . namun , rasakan ini adalah sebagai langkah awal perubahanmu, menjadi pribadi yang senantiasa terus memperbaiki diri. Semoga tulisan ini memberi sedikit mamfaat buat kita.
Dari segi kesehatan mamfaat puasa sudah tidak diragukan lagi, secara ilmiah bisa dibuktikan oleh ilmuan dibidang kedokteran. Mengurangi jumlah dan frekuensi makan menyebabkan liver/hati bekerja lebih aktif dan lebih leluasa melakukan pembersihan (detoksifikasi) racun dalam tubuh, dengan berkurangnya racun dalam tubuh dengan sendirinya pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa keseluruh tubuh semakin lancer sehingga tubuh dengan cepat bisa memperbaiki sel dan meningkatkan funsinya secara optimal. Secara fisik puasa berfungsi untuk mengistirahatkan organ-organ yang berhubungan dengan aktifitas pencernaan makanan da disini hati merupakan organ yang paling tinggi aktifitasnya dibandin dengan organ lain.
Menurut ilmu faal bahwa proses pencernaan makanan yang dimulai dari lambung hingga selesai di usus halus dan usus besar berlansung sekitar 8 jam. Apabila kita misalkan seseorang sahur pada jam 04.30 makan makanan tersebut akan selesai dicerna pada jam 12.30 siang. Mulai dari jam 12.30 hingga berbuka sekitar jam 18.30 maka saluran pencernaan mendapat istirahan sekitar 6 jam sehari. Dan apabila seorang muslim selesai berbuka jam 19.00 maka makanan tersebut akan selesai dicerna padajam 3 pagi. Sehingga ketika ia sahur kembali jam 4.30 maka saluran cernanya mendapat waktu istirahat sekitar 1 setengah jam lagi. Sehingga jika ditotalkan maka saluran cerna mendapat waktu stirahat sekitar 7 jam 30 menit dalam sehari semalam. Apabila Ramadhan berumlah 29 hari maka saluran cerna akan mendapat waktu istirahat sekitar 9 hari. Dan apabila seorang muslim melakukan puasa sunat diluar ramdhan maka bertambahlah waktu istirahat saluran cernanya dalam setahun.
Dengan diistirahtakannya saluran cerna pada saat berpuasa, secara bertahap dengan berkurangnya kalori maka hati akan memecah glikogen hati menjadi glukosa dan energy. Ketika jumlah glikogen hati berkurang dengan sendirinya tubuh akan menggunakan protein otot untuk diubah menjadi energy dengan terlebih dahulu memecahnya menjadi asam amino. Sedangkan lemak tubuh digunakan palin akhir apabila cadagan protein tubuh mulai menipis. Untuk melakukan penghematan energy maka tubuh secara reflek akan mempertahankan diri dengan mengurangi beban kerjanya yaitu mulai melakukan pengurangan zat-zat tak berguna dan racun dalam tubuh bahakan sekalipun yang sudah jauh merasuk kedalam sel, tubuh juga akan segera mengganti sel-sel yang sudah rusak dengan sel baru agar bekerja lebih optimal termasuk disini menghancurkan sel-sel tumor proses inilah yang disebut otolisasi dan biasanya terjadi pada hari ketiga. Dengan berkurangnya racun dalam tubuh akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh.
“ barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui QS. Albaqorah; 184.

Selamat menunaikan ibadah puasa . mohon maaf lahir dan batin…..^_^…….(Dr.Mukri P. Nasution)

No comments:

Post a Comment