Friday 27 August 2010

Pasien Jiwa dengan waham curiga........


dulu waktu masih koas di bangsal jiwa, trauma bangat liat pasen jiwa. sama pasen aja seh mending takut...ini gak semuanya serba bikin stress. dosennya yang pada aneh jadi tambah beban mental kita disana...klu pas dinas malam dibangsal, doaku hanya satu jangan ada pasen masuk dan jangan ada telpn berdering, takut sekali klu dingar telpon berbunyi....aturannya banyak sekali, buat biodata harus pake mesin tik, diketiknya gak boleh salah-salah, gak boleh pake singkatan nama, gelar, jalan..pokoknya semuanya harus benar-benar ditlis dengan jelas....klu ada kalimat dalam satu baris gak muat nyambung kata berikutnya nggak boleh ke bawah, tapi sejajar dengan itu dibuat sampe ke lembar belakang, ntah ajaran darimana itu....klu konsul ke konsulen salah bisa-bisa nggak lulus, memasukkan pasien salah juga bisa nggak lulus...misalnya pasen jiwa ternyata suhunya 38 kita masukkan ke bangsal jiwa, itu merupakan sebuah kesalahan yang fatal....bikin laporan pasien harus mulai dari yang paling baru masuk kemuadian yang paling parah, klu laporannya kita selesaikan tengah malam, tiba-tiba aja pagi jam 7 pasen baru masuk, tamatlah riwayat kita harus ganti laporan karena yang baru masuk harus berada pada urutan pertama, mencoret laporan yang salah gak boleh pakai tip ex harus cuma satu garis lurus...tidak boleh menyobek buku laporan jaga karena konsulen paginya bakal ngitung kertasnya ( kurang kerjaan kali kan??....)....capek, tertekan batin, serasa juga bakal berakhir jadi pasen disitu....keluar dari situ saya waktu itu dapat nilai C...biarlah yang penting lulus, nggak bangat dah buat ngulang lagi, tidak segitunya saya terobsesi dengan nilai A di jiwa..biarlah nilai C ini jadi pemanis di deretan nilaiku....lama-lama disini saya juga bisa jadi gila........

hari ini, pasen didepanku mengingatkanku kembali masa-masa itu...seorang pasen dengan waham curiga yang luar biasa, paranoid yang berlebihan terhadap tetangganya. panjang lebar ibu separuh baya ini bercerita tentang dirinya yang selalu digunjingkan tetangganya, di kasih guna-guna sudah selama 20 tahun lebih, disantet pake tusuk konde...ntahlah saya tidak mengerti dengan omongannya, cuma tetap berusaha jadi pendengar yang baik biar ia tidak tersinggung....saya selalu dibisiki syetan buat melawan dia pak..katanya....saya cemas terus pak, mereka selalu iri dengan saya...saya sudah mengaji pak, saya solat tahajjud...tapi tetap aja nggak bisa, selalu aja syetan itu datang berbisik ditelinga saya pak....bapak pernah nggak dibisiki syetan....??
saya hanya mengangguk dan membiarkan dia terus bercerita....
nggak tau lagi saya bagaimana nasib saya ini pak,klu menrut bapak saya harus bagai mana ?
saran saya bu..ibu harus banyak istigfar, ngajinya lebih khusuk, solatnya ...terus minta sama Allah biar selalu dilindungi....

eh ...bapak ini,...itu sudah saya kerjakan pak...saya hafal yasin pak, hafal ayat kursi...bapak hafal nggak???

gubbbraakkkk....kena deh ^_^, saya hanya diam aja sambil terus mendengarkan....
pokonya lama bangat dah ceritanya

pak...saya sudah dua hari ini gak bisa tidur, tau nggak pak tetangga saya itu selalu aja menggunjingkan saya, dia pikir saya nggak tau....sakit hati saya pak...saya manusia pak. masa saya nggak sakit hati dibuat kayak gitu...pak kasih obat tidur ya....

dengan pelan-pelan saya memberikan masukan....ibu..yang penting ibu tenang aja ya, ngak usah ipikirin apa kata tetangga kita itu, perbanyak aja ibadah....mengadu aja sama Allah biar Allah melapangkan hati kita, udah bu ya..ini obatnya...

alhamdlillah selesai juga.....capeeekkk.....

setelah keluar kamar periksa dia balek lagi....pak..pak..ngomong2 bapak ternyata masih muda ya...????

whaaaat? matilaaaaaah....oh tidak... saya hanya senyum
nama bapak siapa seh???
salam dulu pak....

ibu, nyadar umur donk bu....capek deh

2 comments:

  1. tulisan putih dengan latar terang,...sangat tidak enak untuk dibaca,.....walhasil saya tidak nyambung dimana letak ibrahnya,..wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  2. ha ha ha......masukannya saya terima dr. taufik....nanti saya perbaiki lagi....

    ReplyDelete